-->

RPP SD/MI 1 Lembar 2020 Kelas 4 Tema 6

https://www.massalam.com/
RPP SD/MI 1 Lembar 2020 Kelas 4 Tema 6
Contoh RPP K13 1 Lembar 2020 Kelas 4 Tema 6 sudah sesuai dengan Permendikbud No 14 Tahun 2019 yang ditandatangani oleh bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A, di Jakarta 10 Desember 2019, memutuskan tentang peraturan penyempurnaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menjadi 1 lembar.Dalam kesempatan kali ini admin massalam.com bisa mengshare kembali contoh rpp pai 1 lembar Tahun 2020 untuk SD/MI mudah-mudahan dapat membatu para guru mata pelajaran matematika sebagai referensi dalam pembuat RPP.

Hal ini merupakan kabar yang sangat gembira dikarenakan dapat meringankan beban tugas guru dalam proses pembuatan perangkat ajarnya. format rpp terbaru yang ditetapkan oleh bapak menteri tidak bertele-tele dan berlembar-lembar seperti rpp sebelumnya, ini merupakan revolusi pertama kali dibidang pendidikan untuk tahun pelajaran baru 2019/2020 yang wajib kita dukung sepenuhnya dan menghaturkan banyak terima kasih kepada bapak mendikbud.


Dapatkan juga : 

Dalam kutipan salinan surat edaran Mendikbud nomor 14 Tahun 2019 yang ditandatangani oleh bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A terdapat empat hal sebagai berikut :
  1. Penyusunan Rencana pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dilakukan dengan prinsip efesien, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajarn (KKG/MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar murid
  4. Adapun RPP yang telah dibuat tetap dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana pada angak 1,2, daan 3.

Bagi guru SD/MI mata pelajaran pendidikan agama islam seluruh Indonesia dapat mendownload contoh rencana pelaksanaan pembelajaran di bawah ini, demi kepuasan para pengunjung website file tersebut kami simpan menggunakan google drive sehingga sangat mudah dan tidak bertele-tele untuk mendownloadnya.

Adapun kutipan salinan surat edaran Mendikbud nomor 14 Tahun 2019 yang ditanda tangani oleh bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A di Jakarta, 10 Desember 2019 terdapat daftar tanya jawab seputar tentang pelaksanaan pembelejaran (RPP), sebagai berikut :

Untuk mendapatkan contoh RPP SD/MI 1 Lembar 2020 Kelas 4 Tema 6 silahkan klik tautan di bawah ini :

RPP SD/MI 1 Lembar 2020Kelas 4 Tema 6

Tanya : Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP?
Jawab : Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Tanya : Apa yang dimaksud dengan prinsip efesien, efektif dan berorientasi pada murid?
Jawab : Efesien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.
Efektif berarti penulisan RPP dilakukan mencapai tujuan pembelajaran.
Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Tanya : Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya hanya satu halaman?
Jawab : Bisa saja, asalkan sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorientasi kepada murid. Tidak ada persayaratan jumlah halaman.

Tanya : Apakah ada standar buku untuk format penulisan RPP?
Jawab : Tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorentasi pada murid.

Tanya : Bagaiman dengan format RPP yang sudah dibuat guru?
Jawab : - Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuat.
- Guru dapat pula memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorentasi kepada murid.

Tanya : Berapa jumlah komponen dalam RPP?
Jawab : - Ada 3 komponen inti, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran (kegiatan), dan penilaian pembelajaran (asesmen). Komponen-kompenen lainnya adalah lengkap.
- Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid. kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efesien.

Demikian contoh RPP K13 1 Lembar 2020 Kelas 4 Tema 6 semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel