-->

Contoh RPP K13 1 Lembar SD/MI Semester 2 Tahun 2020

www.massalam.com
Contoh RPP K13 1 Lembar SD/MI Semester 2 Tahun 2020
massalam.com - Alhamdulillah pada awal tahun 2020 semua guru sedikit lega dengan rencana rpp 1 lembar yang direncanakan oleh bapak menteri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A, Ini merupakan langkah awal yang sangat baik dan perlu di Apresiasi oleh semua guru yang ada di seluruh Indonesia.

Download Juga : Buku Siswa SD/MI Kelas 6 Kurikulum 2013 edisi Revisi 2018

Penetapan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 1 Lembar berdasarkan surat edaran nomor 14 tahun 2019, ini dapat mengurangi beban guru dalam pembuatan perangkat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dari tahun sebelumnya.

Download Juga : Contoh RPP K13 1 Lembar SD/MI Semester 2 PJOK

Bapak Nadiem Anwar Makarim merupakan salah seorang pengusaha Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo-K.H Mar'uf Amin, yang dilantik pada 23 Oktober 2019.

Adapun biodata singkat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bapak Nadiem Makarim sebagai Berikut :

KUMPULAN SEMUA PERANGKAT PEMBELAJARAN KELAS 1 SD/MI TERBARU

Nama Lengkap : Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.
Tempat Tgl Lahir : lahir di Singapura, 4 Juli 1984
Pekerjaan : Pendiri Gojek yang beroperasi di Indonesia dan sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Vietnam dan Thailand.
Jabatan saat ini : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia
Nama Orang Tua :
Ayah : Nono Anwar Makarim
Ibu : Atika Algadri

Untuk mendownloadnya silahkan klik link dibawah ini, semua file tersimpan dalam google drive kemungkinan besar aman dan sangat mudah untuk didownloadnya, apabila ada kendala silahkan hubungi admin www.massalam.com dengan berkomentar dikotak komentar. Semoga rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) 1 Lembar bermanfaat amin.

RPP K13 1 Lembar SD/MI Kelas 1,2,3,4 dan 6

Kelas 1
Kelas 2
Download Juga : 


Kelas 3
Kelas 4
Kelas 5
Kelas 6
Dalam kutipan salinan surat edaran Mendikbud nomor 14 Tahun 2019 yang ditanda tangani oleh bapak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A di Jakarta, 10 Desember 2019 terdapat daftar tanya jawab seputar tentang pelaksanaan pembelejaran (RPP), sebagai berikut :

Tanya : Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP?
Jawab : Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Tanya : Apa yang dimaksud dengan prinsip efesien, efektif dan berorientasi pada murid?
Jawab : Efesien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Efektif berarti penulisan RPP dilakukan mencapai tujuan pembelajaran.
Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Tanya : Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya hanya satu halaman?
Jawab : Bisa saja, asalkan sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorientasi kepada murid. Tidak ada persayaratan jumlah halaman.

Tanya : Apakah ada standar buku untuk format penulisan RPP?
Jawab : Tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorentasi pada murid.

Tanya : Bagaiman dengan format RPP yang sudah dibuat guru?
Jawab : - Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuat.
- Guru dapat pula memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorentasi kepada murid.

Tanya : Berapa jumlah komponen dalam RPP?
Jawab : - Ada 3 komponen inti, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran (kegiatan), dan penilaian pembelajaran (asesmen). Komponen-kompenen lainnya adalah lengkap.
- Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid. kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efesien.

Demikian daftar tanya jawab rencana pelaksanaan pembelajaaran (RPP) semoga bemanafaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel