-->

Budidaya Jamur Merang Sebagai Peluang Usaha Yang Menjanjikan

Budidaya jamur merang menjadi lahan bisnis yang tidak boleh dianggap remeh. Banyak sekali petani yang berpindah haluan dari bisnis lain menjadi petani jamur merang, karena memang membudidaya jamur merang menjadi sangat populer di kalangan penikmat wisata kuliner.

Di samping bukan hanya orang dewasa yang menyukai olahan jamur merang anak-anak pun suka dengan olahan jamur merang. Jamur merang kaya dengan protein lebih sederhananya sih jamur merang merupakan dagingnya di tumbuh tumbuhan karena memiliki serat yang hampir mirip dengan protein hewani.

https://asteknomedia.com/
Budidaya Jamur Merang Sebagai Peluang Usaha Yang Menjanjikan
Terdapat beberapa jenis jamur di dunia ini, namun yang lebih populer di kalangan masyarakat Indonesia yaitu jamur tiram dan jamur merang, terdapat beberapa perbedaan antara jamur tiram dan jamur merang, perbedaan yang paling menonjol terdapat pada bentuknya, jika jamur tiram berbentuk seperti tudung atau payung sedangkan jamur merang aga bulat seperti telur namun jika telah menjadi tua akan terlihat rata.

Namun tetap yang stabil dari segi ekonomi yaitu jamur merang. Jamur merang mampu menjual sekitar 19000,- /kg bahkan lebih sedangkan untuk harga jamur tiram tidak stabil.

Cara Budidaya Jamur merang

Mungkin banyak yang ingin mengetahui bagaimana cara budidaya jamur merang. Cara yang paling utama yaitu kita harus mempersiapkan tempat budidaya jamur atau kumbung terlebih dahulu, yang lebih ideal sih bentuknya bisa berukuran persegi panjang 6x4m dengan tinggi sekitar 2.7m didalamnya dibuat seperti rak yang dapat menampung tanah serta media lainnya usahakan pula untuk suhu ruangannya kurang lebih dari 20 derajat celcius.

Yang kedua yaitu persiapkan untuk media tumbuhnya dapat berupa jerami limbah kapas dengan perbandingan jerami lebih banyak dari limbah kapas sekitar 2:1 an dan kapur pertanian sebanyak 30-40% dicampurkan serta direndam dalam air kurang lebih 2-3 jam setelah itu biarkan media tertutup untuk membuat proses fermentasi tercampur sempurna setelah itu jangan lupa untuk senantiasa memberi air dengan campuran urea ketika tanah mulai kering sebanyak 2-3 sendok makan.

Yang ketiga usahakan dalam proses pemeliharaan dibuat suhu ruangan sekitar 30 derajat Celsius kurang lebih dan kelembaban udara dilingkungan sekitar 80-90% agar terhindar dari jamur-jamur liar yang tumbuh di sekitar jamur merang.

Terakhir ketika telah masa panen bungkus jamur merang dengan kain batis dan disimpan di kulkas pada suhu 15 derajat celcius dan jangan lupa disimpan di plastik atau sterofoam, namun yang lebih baik menggunakan sterofoam agar bisa meletakan es atau pendingin pada dasar sterofoam itu semua dilakukan agar jamur merang dapat dipanen secara fres dan terhindar dari basi.

Mungkin sekian artikel Budidaya Jamur Merang Sebagai Peluang Usaha Yang Menjanjikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. apabila ada salah kata kritik yang membangun sangat membantu kami. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel