-->

Windows Movie Maker Full, Cara Memotong Video Menggunkan Windows Movie Maker

Salah satu program sederhana yang dapat memotong video adalah program bawaan Windows XP yang banyak digemari para orang yang mengeluti dunia editing video yaitu program pemotong video khususnya pagi pemula. Windows Movie Maker selain sangat mudah dalam menggunkannya dan super ringan.

Dengan menggunkan Windows Movie Maker Full, Cara Memotong Video Menggunkan Windows Movie Maker, ada  dapat  memotong film-film layar lebar yang tersimpan dalam VCD, baik video keluarga, video perkawinan, video pembelajaran dan video lainnya yang menjadi kesukaan anda.

Akan tetapi bagi pengguna Windows 7 jangan sedih dulu kalau ingin menggunakan program Windows Movie Maker yang super mudan dan ringan, karena windows movie maker selain juga bawaan dari windows xp juga tersedia untuk windows 7 dan windows – windows lainya.

Cara mengunakan Windows Movie Maker sebagai berikut :
Arahkan kursor pada pojok kanan komputer anda lalu klik start kemudian cari dan klik Windows Movie Maker yang suda terinstal pada kumputer anda.

Jika Windows Movie Maker tidak nampak, arahkan  krusor anda pada All Programs yang terletak pada Accessories kalau sudah ketemu kemudian klik Windows Movie Maker tunggu beberap detik sampai keluar jendela Windows Movie Maker.

Kalau sudah tampak jendela Windows Movie Maker selanjutnya anda sudah bisa berkerja deangan program tersebut.


https://www.massalam.com
Nah untuk memotong video-video tersebut ikuti langkah-langkah dibawah ini :
  • Jalankan Windows Movie Maker yang sudah jelaskan di atas
  • Ambil VCD atau Film yang ingin dipotong, kemudian masukkan kedalam Komputer atau drive CD-ROM, drive CD-RW atau drive DVD.
  • Klik menu File kemudian klik Import, tunggu sampai keluar jendela Select the File to Import
  • Klik kota look in, kemudian klik drive CD-ROM, drive CD-RW atau drive DVD anda, maka isi VCD atau DVD akan tampil.
  • Klik ganda atau double klik pada folder MPEGAV, kemudian klik kotak File of type dan pilih All File, maka semua file akan ditampilkan, namun pada umumnya semua film atau video bernama AVSEQ.DAT.
  • Klik ganda atau double klik pada file AVSEQ.DAT tersebut yang akan dipotong.
  • Maka film atau video akan mulai dibaca dan bagi-bagi ke dalam beberapa clip. Biasanya satu clip memiliki durasi kurang lebih 5 detik. Tunggu hingga selesai, biasanya memakan waktu agak lama tergantung panjang film atau videonya.
  • Setelah proses selesai, anda sudah dapat menggabungkan clip yang satu dengan clip yang lain dan dapat menggabungkannya menjadi satu film atau video lagi, atau memotong sebuah clip sehingga isinya benar-benar sesuai dengan keinginan anda.
  • Dalam contoh ini anda akan memotong sebuah clip, lalu pilih salah satu clip yang hendak akan dipotong misalnya clip 3, maka isi clip 3 akan tampil di dalam jendela film Windows Movie Maker.
  • Klik tombol play untuk memainkan, atau gunakan slider ( batang penunjuk film ) untuk memilih awal film dengan cepat. 
Setalah awal film atau video yang anda inginkan sudah ketemu, potonglah denga cara sebagai berikut :
  • Klik tombol Pause, kemudian klik tombol Split Clip untuk menghilangkan bbagian kiri film. Bagian kiri film akan disimpan dalam clip 3 dan bagian kanan akan disimpan dalam clip 3(1).
  • Klik kembali Clip 3(1), dan kemudian klik tombol Play untuk menjalankan, selanjtnya setelah ketemu akhir film yang anda inginkan, klik Pause, selanjutnya klik Split Clip.
  • Maka bagian kiri film tersebut akan tersimpan dalam clip 3(1) dan bagian kanan film akan disimpan dalm clip 3(2) dan bagian film yang anda inginkan sudah berada pada clip 3(1).
  • Selanjutnya tandailah Clip 3(1) dan klik tombol Play untuk memainkan film atau video kemudia lihatlah hasilnya.
Demikian cara menggunakan Windows Movie Maker Full, Cara Memotong Video Menggunkan Windows Movie Maker semoga bermanfaat amin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel