-->

Mengatasi Android Lemot, 6 Cara Paling Jitu Mengatasi HP Android Yang Lemot

Mengatasi Android Lemot, 6 Cara paling jitu mengatasi hp android yang lemot  terdiri dari beberapa langkah penting dan tidak boleh terlewatkan. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali faktor-faktor yang menjadikan ponsel android terasa lemot.

Faktor tersebut mulai dari kecilnya memori internal, kapasitas RAM terbatas, banyaknya aplikasi yang dipasang dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, kamu pun harus meluangkan waktu untuk mengatahui bagaimana cara mengatasi hp android lemot. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Menghapus widget di Home Screen
Widget yang ada di Home Screen memang membuat tampilan android kamu menjadi lebih keren dan kece. Namun tahukah kamu, apabila semakin banyak aplikasi yang terpasang di Home Screen maka akan membuat ponsel semakin berat.

Oleh sebab itu, pasanglah aplikasi di Home Screen yang sekiranya kamu butuhkan saja. Semakin sedikit jumlah aplikasi, maka akan semakin baik.

2. Pahami kapasitas RAM
Memahami kapasitas RAM adalah cara ampuh dalam mengatasi hp android yang lemot. Kamu harus menyesuaikan banyaknya aplikasi yang di install, dengan kapasitas RAM yang ada. Jangan sampai kamu memaksakan ponsel android untuk menginstall banyak aplikasi dan game.

Untu hal ini, kamu bisa menggunakan versi kecil dari aplikasi tersebut. Misalkan saja Facebook, ukuran yang asli hampir mencapai 60 MB. Sedangkan Facebook Lite hanya sekitar 3MB saja, tentu hal ini akan menghemat banyak ruang di smartphone.

Selain itu, kurangilah aplikasi-aplikasi sosial media. Sebaiknya kamu mengaksesnya menggunakan browser saja.

https://www.massalam.com
6 Cara Paling Jitu Mengatasi HP Android Yang Lemot
3. Gunakan Satu Antvirus
Antivirus adalah salah satu jenis aplikasi yang menjadi favorit pengguna android, bahkan ada pengguna yang memasang lebih dari satu aplikasi di ponsel mereka. Padahal, antivirus akan selalu bekerja di background dan senantiasa memantau ponsel android. Aktivitas ini tentu menguras cukup banyak RAM.

Untuk itulah, kamu tidak disarankan memasang lebih dari satu Antivirus. Karena akan membebani ponsel android.

4. Jangan Gunakan Live Wallpaper
Live Wallpaper adalah cara terbaik untuk mempercantik tampilan hp android, namun penggunaan Live Wallpaper ini akan menyebabkan borosnya baterai dan tak jarang membuat android lebih terbebani, sehingga menjadi lemot. 

Maka dari itu, jangan gunakan Live Wallpaper apalagi RAM androidmu kecil. Lebih baik menggunakan wallpaper yang biasa-biasa saja, lebih baik lagi apabila warnanya hitam. Karena juga bermanfaat untuk menghemat baterai android.

5. Menginstall Clean Master
Clean Master adalah aplikasi yang sangat membantu dalam membersihkan cookies, junk files, dan cache. Setiap kali kamu mengakses internet, maka data dari website yang kamu kunjungi akan disimpan dalam cache browser. Cache yang menumpuk dan tidak dibersihkan, hanya akan membuat android terasa lemot.

Tidak cukup sampai disitu saja, Clean Master juga sangat ampuh dalam menghapus residual file dan folder kosong yang otomatis dibuat oleh aplikasi-aplikasi terinstall. Residual file dan folder kosong ini akan memenuhi memori internal, sehingga kinerja android terasa lemot.

Ada versi besar dan versi kecil dari aplikasi Clean Master, silahkan sesuaikan dengan spesifikasi androidmu.

6. Aktifkan fitur Autokill pada Clean Master
Autokill adalah fitur menonaktifkan aplikasi secara paksa yang dianggap mengkonsumsi banyak RAM. Fitur ini tentunya akan sangat membantu, karena membuat RAM menjadi lebih lega.

Mungkin cukup sampai disini dulu pembahasan kita kali ini, semoga ulasan mengenai Mengatasi Android Lemot, 6 cara paling jitu mengatasi hp android yang lemot di atas bisa bermanfaat untuk kalian semua.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel