-->

Ikan Nila, Cara Budidaya Ikan Nila Yang Benar

Budidaya ikan nila bisa menjadi sebuah potensi yang sangat meyakinkan untuk dijadikan sebuah peluang usaha. Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki tekstur yang lembut serta lezat.

Daging ikan nila yang bebas dari duri kecil menjadikan ikan ini menjadi kudapan yang digemari oleh semua orang. Pada artikel kali ini saya akan membahas tips singkat cara budidaya ikan nila di kolam beton yang sangat “worthy” untuk disimak. Stay tuned...Tips Budidaya Ikan Nila Yang Efektif Di Kolam Beton

Budidaya ikan di kolam beton merupakan salah satu cara yang dinilai efektif. Kolam beton merupakan kolam yang bersifat permanen dan lebih awet untuk digunakan jangka panjang. Berikut ini beberapat
ips untuk tahapan budidaya ikan nila di kolam beton yaitu :

1. Memilih lahan yang pas untuk digunakan sebagai kolam ikan. Lahan yang dipilih haruslah ramah lingkungan dan tidak terlalu padat penduduk. Akan lebih baik jika lahan tersebut berada didaerah yang memiliki cukup air.

2. Membuat kolam beton dengan ukuran yang fleksibel sesuai dengan kondisi lahan yang dipilih. Usahakan kualitas komponen pembuat beton haruslah bagus sehingga kualitas kolam pun bisa tahan lama. Untuk kedalaman kolam bisa sekitar 1-1.5 meter.

3. Memelihara dan menyesuaikan kolam beton sebelum dimasukkan benih ikan. Masukan air setinggi 70cm, diamkan selama satu minggu. Kemudian ganti air tersebut dan masukan beberapa dedaunan air seperti eceng gondok, teratai, dsb. untuk membuat suhu dan ekosistem kolam beton cocok untuk ikan nila.

4. Setelah dirasa cukup, ikan nila bisa dimasukkan kedalam kolam. Pilih bibit ikan nila dengan kualitas bagus serta masukan ikan secukupnya. Jangan masukan ikan terlalu banyak karena akan mengganggu pertumbuhan ikan nila. Usahakan masukan ikan yang sejenis.

5. Memelihara ikan, memberi pakan ikan dengan pelet, atau beberapa dedaunan yang bisa menjadi alternatif pakan seperti daun singkong dan daun talas.

6. Ikan nila pun siap di panen setelah 1-2 bulan pemeliharaan. Kemudian bersihkan kolam ikan beton tersebut untuk memelihara anakan ikan nilai yang baru.

Budidaya ikan nila merupakan salah satu potensi yang sangat menjanjikan untuk dijadikan peluang bisnis. Budidaya ikan nila di kolam beton merupakan salah satu cara budidaya ikan dengan media tanam yang awet karena terbuat dari beton yang tahan lama.

Demikian artikel mengenai Tips Budidaya Ikan Nila yang Efektif; Budidaya Ikan Nila di Kolam beton. Semoga bermanfaat untuk pembaca semua dan menjadikan inspirasi untuk bergerak maju memulai usaha.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel