-->

Hemat Listrik, 5 Cara Menghemat Listrik Prabayar

Hemat Listrik, 5 Cara Menghemat Listrik Prabayar untuk menurunkan tagihan supaya tidak membengkak merupakan hal yang sangat penting diketahui oleh semua orang. Dari waktu ke waktu jumlah tagihan listrik terus saja melambung tinggi. Maka dari itu, jika kita tidak bisa mengontrol penggunaan sehari-hari. Maka kita sendirilah yang akan mengalami kerugian.

Kerugian yang pertama yaitu besarnya jumlah tagihan listrik yang harus di bayar. Serta kerugian semakin menipisnya energi hasil bumi, jika sekarang saja sudah hampir habis maka generasi selanjutnya mau diberi apa?.

Maka dari itu, kesadaran penuh dalam menggunakan listrik wajib diperhatikan. Berikut ini merupakan deretan cara menghemat listrik paling jitu untuk menurunkan tagihan supaya tidak membengkak.

1. Memilih listrik sistem pulsa

https://www.massalam.com
Cara Menghemat Listrik Paling Jitu 
Cara menghemat listrik yang pertama yaitu dengan menggunakan listrik sistem pulsa. Hal ini dikarenakan listrik pulsa dapat disesuaikan dengan semua kebutuhan yang ada. Sehingga penggunaan listrik akan jauh lebih irit dan terencana.

Maka dari itu, sebaiknya anda memilih dan memilah kebutuhan apa saja yang sekiranya penting menggunakan listrik. Singkirkan kebutuhan-kebutuhan sekunder yang tidak terlalu penting demi menggunakan listrik dengan irit dan bijak.

2. Menggunakan AC seperlunya saja

https://www.massalam.com
AC adalah salah satu alat listrik yang mengkonsumsi daya listrik dalam jumlah yang besar. Maka dari itu, anda pun dituntut untuk bijaksana dalam menggunakan AC. Sebaiknya, anda membeli AC yang sudah dilengkapi dengan fitur hemat energi dan otomatis. 

Sehingga ketika udara sedang tidak panas, maka AC tak akan menyala dan tidak mengkonsumsi sumber daya listrik. Dengan adanya fitur otomatis ini, AC juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Jadi, cara menghemat listrik yang nomor 2 ini wajib untuk anda coba ya.

3. Matikan semua alat elektronik saat tidur
Ketika anda sudah tidak aktifitas lagi dan beranjak untuk tidur, sebaiknya anda matikan dulu semua peralatan elektronik yang ada. Karena hal ini begitu penting, sebaiknya memang harus diketahui oleh semua orang.

Matikanlah televisi, lampu, dan jangan mengisi baterai smartphone ketika anda tidur. Perilaku-perilaku kurang bijak ini mampu membuat tagihan listrik membengkak. Televisi yang dibiarkan terus menyala sudah pasti akan mengkonsumsi daya listrik.

4. Segera Cabut Kabel Ketika Tidak Digunakan

https://www.massalam.com
Apakah anda sampai saat ini masih sering membiarkan kabel-kabel ataupun peralatan terus menempel di colokan listrik meskipun sudah tidak digunakan?. Jika jawabannya iya, maka anda harus berhenti dari perilaku boros listrik ini.

Yang paling sering terjadi dalam kasus ini adalah pengisia smartphone, setrika dan televisi. Biasanya orang-orang malas ketika disuruh mencabut colokan dari saklar dan lebih memilih mematikannya saja.

Perlu anda ketahui, meskipun dalam kondisi off namun aliran listrik tetap mengalir. Sehingga pengeluaran bisa bertambah, dan nantinya anda akan membayar listrik padahal anda tidak mendapatkan manfaatnya.
Sangat rugi bukan?.

5. Bijak dalam menyalakan lampu
Lampu merupakan benda elektronik yang menjadi kebutuhan dasar semua orang. Fungsinya sudah jelas sangat dibutuhkan oleh semua orang untuk menerangi saat malam hari. Jika tidak ada lampu, maka aktifitas di malam hari akan terganggu dan tidak berjalan secara maksimal.

Maka dari itu, lampu juga sering menjadi faktor utama naiknya tagihan listrik. Biasanya orang-orang masih tidak peduli betapa pentingnya berperilaku bijak saat menggunakan lampu.

Mereka masih sering menyalakan lampu saat siang hari, membiarkannya hidup ketika tidur dan terlalu berlebihan dalam menggunakan lampu. Sebaiknya anda menyesuaikan jumlah lampu dengan besar ruangan yang ada,  dan jangan menyalakan lampu saat siang hari serta matikan lamu sebelum tidur.

Demikianlah, sedikit ulasan tentang Hemat Listrik, 5 Cara Menghemat Listrik Prabayar untuk menyiasati tagihan supaya tidak membengkak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel